Istimewanya pelantikan ketua DK, RW dan RT sekaligus peresmian aula serbaguna "BAIMAN"


Sempat harap-harap cemas, karena guyuran lebat hujan di awal pagi senin, 4 desember 2017 namun berkat izin Allah Subhanahuwata'ala, berkah hujan tadi walau sebentar digantikan oleh sinar matahari. Satu persatu undangan memadati halaman kecamatan banjarmasin selatan, menghadiri acara yang cukup bersejarah yaitu Pelantikan Ketua Lembaga Kemasyarakatan Ketua DK (Dewan Kelurahan), Ketua RW (Rukun Warga), Ketua RT (Rukun Tetangga) se Kecamatan Banjarmasin Selatan yang alhamdulillah telah diselesaikan proses pemilihannya dengan dinamikanya yang cukup luar biasa  di akhir tahun 2017 ini, di 12 Kelurahan dengan tidak hanya kerja keras dari yth bpk/ibu lurah, namun juga bantuan Bhabin dan Babinsa, dengan masa bakti 3 tahun kedepan, hingga 2020, dengan jumlah total terpilih 279 orang terdiri 12 DK, 26 RW, 341 RT, dari 12 kel. Yang terbanyak adalah di kel. Pemurus Dalam sebanyak  48 RT, dan paling sedikit di Kelayan Barat sebanyak 15 RT. Diawali menyanyikan indonesia raya dan lantunan ayat suci al-qur'an, secara khidmat, seluruh peserta mengikuti dengan antusias dan tertib, sesaat Camat Bansel, Drs. M. Yusrin membacakan naskah pelantikan disaksikan Walikota, bapak/ibu lurah beserta seluruh undangan lainnya.

Tiba saatnya Bapak Walikota Banjarmasin, memberikan sambutan untuk memberikan selamat kepada seluruh hadirin yang dilantik seraya menitipkan pesan agar dapat menjadi mitra kerja pemerintah kota dalam melayani masyarakat. Selanjutnya istimewanya hari ini adalah diresmikannya Gedung Aula Serbaguna, Kec. Bansel, yang dinamakan "BAIMAN" dengan luas bangunan 252 m2,  panjang 14 m,  lebar 18 m,  tinggi 7,5 m,  yang diselesaikan dengan anggaran APBD Kota Banjarmasin, dengan total biaya +/- hampir 1,1 m, dalam kurun waktu 2 tahun, berbeda proses yakni tahun pertama dengan proses lelang untuk konstruksi fisik keseluruhan dan tahun kedua PL, untuk penambahan finishing, kelengkapan dan kelistrikan, yang berkapasitas +/- 300 - 500 orang. Gedung aula serbaguna yang notabene adalah yang pertama dan pernah ada dimiliki oleh kecamatan, tak hanya digunakan untuk rapat atau pertemuan besar, namun juga dapat digunakan untuk olahraga bulutangkis dan hajat perkawinan.

Terungkap filosofi yang perlu diresapi pada hari yang bersejarah ini, ujar Ketua Pelaksana Kegiatan hari ini yakni Sekcam, Satriawan Ramadhana, S. STP, M. Eng, karen ini merupakan pelantikan ketua lembaga DK/RW/RT ini terakhir yang dilakukan, setelah 4 Kecamatan lain yang sudah dilalukan terlebih dahulu, dengan tidak mengurangi makna terhormat dan sakralnya pelantikan bpk/ibu undangan semua. Pada hari ini semua, diadakan duduk bersila atau lesehan, yang mengandung filosofi merakyat, ini mengandung arti, meskipun kita merupakan siapapun kita, pemimpin dengan berbagai kapasitas dan latar yang belakang berbeda yang dimiliki, kita semua SAMA adalah rakyat, dan juga berasal dari rakyat, sudah semestinya kita selalu ingat bahwa kita mengabdi kepada negri, berkhidmat untuk rakyat. Terakhir, untuk meleburkan filosofi diatas, akhirnya Bapak Walikota, Wakil Walikota,  Camat, Lurah dan Bpk/ibu Lurah dan Bpk/ibu ..  sekalian untuk dapat menguatkan barisan, mengikat semangat, mengisi hati, dan mengolah amanah, yakni dengan nanti membubuhkan ttd pertanda komitmen bersama, mewujudkan Visi dan Misi bapak Walikota, yaitu BJM BAIMAN (Barasih wan Nyaman).

Terimakasih atas berbagai pihak yang sudah memberi dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, seperti Bank Kalsel, seluruh ASN Kec dan Kel, Bpk/ibu Lurah dan rekan" Bansel Lintas Sektor lainnya, serta pihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.















No comments

Post a Comment