Senyum Mengembang Di Musrenbang Saat Walikota Datang


selatan.banjarmasinkota.go.id - Senyum dan harapan peserta Musrenbang Kelurahan Basirih Selatan mengembang tatkala tiba-tiba bapak walikota banjarmasin H. Ibnu Sina meluangkan waktu dalam aktivitas beliau yang sangat padat untuk dapat berhadir di acara masteran bang kelurahan Basirih Selatan. Kehadiran beliau yang cukup mendadak menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta musrenbang yang terdiri dari seluruh unsur yang berada di Kelurahan Basirih Selatan seperti ketua DK/RW/RT, kader-kader PKK, tokoh-tokoh masyarakat yang juga dihadiri oleh berbagai perwakilan SKPD yang terkait di antaranya Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Puskesmas Barenlitbangda, Polsek, Koramil dan masih banyak lainnya. Dalam sambutannya Bapak Walikota Banjarmasin mengemukakan bahwa musrenbang Kelurahan adalah mekanisme resmi yang sangat penting dan bermakna untuk menggali usulan-usulan dari Bottom Up atau dari masyarakat berdasarkan laporan atau keluhan yang dirasakan oleh masyarakat dalam interaksi kehidupan sehari-hari. Beliau pun berpesan bahwa pemerintah kota Banjarmasin berupaya sekuat tenaga untuk melaksanakan kegiatan atau realisasi usulan namun tentu saja harus ada skala prioritas dan yang terpenting adalah bukan hanya lewat APBD Kota tapi juga ada pintu-pintu lain yang bisa dimanfaatkan seperti CSR program dari pusat yakni kotaku dan USP ataupun yang terbaru adalah kucuran dana Kelurahan dari pemerintah pusat dalam bentuk dana alokasi umum.

Camat Banjarmasin Selatan, Drs. M. Yusrin menambahkan bahwa segala usulan yang ditampung lewat musrenbang tentunya akan dipetakan dan di input ke dalam aplikasi yang saat ini bernama SIMPUN dari Barenlitbangda. Lurah Basirih Selatan Harun Al-rasyid selaku tuan rumah menambahkan bahwa kehadiran Bapak Walikota Banjarmasin kali ini berkunjung ke kegiatan musrenbang merupakan suatu bentuk perhatian dari kepala daerah yang mau mendengarkan usulan dari sumber atau lapisan masyarakat langsung dan ini merupakan suatu kelebihan yang akan membuat masyarakat mempunyai Harapan dan menambah kepercayaan kepada pemerintah untuk saling bahu-membahu mengawal pembangunan mewujudkan visi dan misi Banjarmasin Baiman (Barasih wan Nyaman).

Kesempatan yang lain, Rabu 23 Januari 2019 telah dilaksanakan 4 kegiatan musrenbang di antara lain Kelurahan Kelayan Selatan, Pekauman dan Kelayan Barat Adapun 8 Kelurahan lainnya sudah dilaksanakan dan berjalan dengan cukup sukses pada hari Senin kemarin 21 Januari 2019 dan juga dihadiri oleh berbagai lintas SKPD terkait dan anggota DPRD kota Banjarmasin. 12 Kelurahan yang berada di Kecamatan Banjarmasin Selatan telah rampung dan selesai melakukan musrenbang musyawarah perencanaan pembangunan dan berbagai skala prioritas usulan yang sudah ditetapkan bersama akan digodok kembali untuk menuju ke musrenbang tingkat Kecamatan Banjarmasin Selatan.






1 comment

  1. Kedatangan yang disambut bahagia berarti menandakan bahwa Bapak Walikota begitu dicintai rakyatnya. Semangat terus mengabdi bapak,

    ReplyDelete