Program Terbaru PKH Semakin Mengena


selatan.banjarmasinkota.go.id - Sebanyak 60 undangan yang terdiri Lurah, Pendamping PKH, pihak BRI, perwakilan tokoh masyarakat bberhadir pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Banjarmasin Selatan Tahun 2018 di aula serbaguna BAIMAN, jalan Tembus Mantuil (09/10/2018). Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Esya Zain didampingi Sekcam Bansel, Satriawan Ramadhana dalam sambutannya mengungkapkan program dan kegiatan PKH sekarang di 2018 juga mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi selain dalam penyaluran bantuannya.

Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), demi menciptakan masyarakat produktif, mandiri dan martabat pemerintah banyak melakukan inofasi, inofasi yang sedang gencar adalah Gerakan nasional non tunai gerakan ini mampu meningkatkan akses keuangan dan kesejahteraan masyarakat, gerakan nasional nontunai di terapkan juga pada mekanisme  penyaluran bantuan sosial, Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT)  untuk keluarga penerima manfaat ( KPM) , saat ini KPM masing-masing memiliki kartu, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kartu KKS ini memiliki fitur uang elektronik dan tabungan. Namun apa saja jenis bantuan yang telah disalurkan secara non tunai melaluli KKS Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan. Di mana pencairan BPNT? , bantuan pangan yang di berikan pemerintah dicairkan atau di tukar dengan bahan pangan yang telah di tentukan di Elektronik Gotong Royong (E-WARUNG). Bagaimana mekanisme BPNT :
  1. Datanglah ke e-warung dengan membawa kartu KKS dan identidas diri
  2. Lakukan cek kuota di mesin EDC masukan pin bukti transaksi serta informasi sisa kwota akan keluar.
  3. Pilih jenis bantuan sesuai kuota, kemudian lakukan transaksi bahan pangan dengan memasukkan pin kartu di mesin EDC.
  4. Kemudian KPM akan menerima bahan pahan yang telah di pilih jangan lupa mengambil bukti transaksi untuk di simpan.
BPNT diberikan sekali dalam 1 bulan bantuan ini sangat bermanfaat sangat bermanfaat  untuk mengurangi beban ekonomi sekaligus menjamin nutrisi yang seimbang kepada PKM. Saat ini E-Warung ada di 8 Kelurahan dari 12 Kelurahan se-Kecamatan Banjarmasin Selatan diantaranya : Kelurahan mantuil,  basirih selatan, kelayan selatan, kelayan timur, kelayan dalam,  tanjung pagar,  pemurus baru,  pekauman. Selain E-Warung ada juga sumber yang lain agen BRIlink di BRI unit kerjasama dengan pihak BRI dan RPK (Rumah Pangan Keluarga) kkerjasama dengan BULOG, yang saat ini berada di Kelurahan Kelayan Dalam. Semoga dengan program terbaru ini dapat semakin memudahkan bantuan untuk saudara-saudara kita kurang mampu dan tepat sasaran. 






No comments

Post a Comment