Tak Mudah Menjadi Lurah


selatan.banjamasinkota.go.id - Sungguh tak mudah menjadi seorang Lurah, bagaimana tidak peran penting sebagai garda terdepan cerminan sebuah pemerintah untuk memberi pelayanan prima dan baik yang utama tentang kegiatan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, pemeliharaan ketertiban dan ketentraman umum, pemeliharaan prasarana dan kepentingan umum serta segala hal terkait segala aspek yang diperlukan dari berbagai sektor seperti RASKIN, dll. Belum lagi kemampuan untuk mengelola keuangan dan manajemen sebuah kantor sekaligus juga sikap dan komitmen untuk bersosialisasi serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di lapangan serta tugas- tugas tambahan lainnya. Ini semua bisa dilihat di Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2018.

Termasuk tugas untuk mendukung visi dan misi pemerintah kota, yakni membuat lingkungan semakin bersih dan nyaman dengan kehadiran satgas (satuan tugas kebersihan) yang ada di tiap kelurahan semenjak awal 2017 dalam naungan Dinas Lingkungan Hidup, dalam bimbingan lurah beserta koordinasi ketua DK/RW/RT, satgas harus bisa bersinergi untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong yang semakin hilang seiring perkembangan jaman. Peran lurah disini kembali diuji untuk menyatukan persepsi dan pandangan tentang bagaimana lingkungan sekitar dan memotivasi budaya warga agar lebih peduli akan kebersihan.

Seperti di akhir pekan, sabtu dan minggu di wilayah kecamatan banjarmasin selatan. Lurah, satgas dan ketua DK/RW/RT juga melakukan aksi bergotong royong sesuai jadwal yang mereka telah sepakati, karena jumat sudah terjadwal untuk gotong royong gabungan lintas sektor yaitu BANSEL BERAKSI (Banjarmasin Selatan Bergotong Royong Kebersihan Antar Satgas dam Lintas Instansi). Semoga dengan kerja keras lurah ini, semakin dapat perhatian lagi dari pimpinan dan warga sekitar bahwa sungguh berat dan tak mudah diberikan amanah menjadi seorang lurah.

Gotong royong mandiri, Sabtu dan Minggu ini (21 dan 22 Juli 2018)

Kelurahan Pemurus Baru

Seputan lingkungan dan kantor kelurahan






Kelurahan Pemurus Dalam

Sekitar RT 47





Kelurahan Tanjung Pagar

Sekitar RT 2 dan 22 Tanjung Pagar






No comments

Post a Comment