Basirih Selatan RESMI Jadi Kampung Baiman ke Delapan



Selatan.banjarmasinkota.go.id – Kelurahan Basirih Selatan tepatnya di gang Bersama,  RT 01 RW 02 mendapat kehormatan dipilih jadi lokasi Kampung KB - Kampung Baiman ke 8 (delapan),  di Kota Banjarmasin diresmikan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi prwakilan dari DPPKBM Provinsi, Ani Fauziah yang dalam sambutannya memberi apresiasi kepada kota Banjarmasin yang jeli untuk menyandingkan program pemerintah dengan inovasi-inovasi untuk mensejahterakan masyarakar
Kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan milik publik Pemko Banjarmasin itu, dilaksanakan di RT 01, RW 02, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (26/06).
Menurut H Ibnu Sina, pembentukan Kampung KB, Kampung Baiman merupakan sebuah inovasi dan kreatifitas masyarakat. Tidak butuh waktu lama, buktinya pintu masuk gang ini sudah dibuat bertuliskan Kampung KB - Kampung Baiman dan nantinya di kampung ini, katanya, ada keterpaduan berbagai program pemerintah daerah dan pusat. 
Tidak hanya KB, tuturnya, tetapi juga ada infrastruktur, kesehatan, dan tertib administrasi kependudukan.
Untuk itu, orang nomor satu di kota seribu sungai ini meminta para Lurah agar terus melakukan koordinasi dengan para RT dan RW, sehingga semua program pelayanan milik Pemko Banjarmasin, dapat dijalankan di Kampung KB, Kampung Baiman. “Kepada Lurah saya minta untuk terus melakukan koordinasi dengan para RT dan RW, tolong bantu program Pemko khusunya untuk di kampung KB,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.
Lebih lanjut dikatakannya, salah satu program Pemko Banjarmasin yang harus masuk di Kampung KB, Kampung Baiman adalah pendistribusian akte kelahiran gratis, kartu identitas anak gratis dan beberapa jenis pelayanan untuk masyarakat lainnya. “Selain pendidikan, kesehatan dan tertib administrasi kependudukan, di Kampung KB, Kampung Baiman juga masuk dalam program prioritas adalah akte kelahiran gratis dan kartu identitas anak gratis, hal ini dikarenakan Banjarmasin memiliki target yang harus dicapai terkait dengan program akte gratis. Nah ini perlu dukungan Lurah, RT RW,” tuturnya.
Selain kepada para RT dan RW, dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah, H Ibnu Sina juga meminta dinas terkait dengan progarm Kampung KB, Kampung Baiman untuk selalu bermitra dengan jajaran PKK Kota Banjarmasin, sehingga target keberhasilan seluruh program yang masuk dalam Kampung KB, Kampung Baiman dapat terealisasikan.
Sementara itu, Kepala Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat, Kota Banjarmasin, Madyan, menegaskan, keberadaan Kampung KB, Kampung Baiman tidak hanya untuk kegiatan program KB semata, tetapi juga akan dilaksanakan untuk program kegiatan Pemko Banjarmasin yang lain. “Kampung ini tidak hanya untuk keluarga berencana tetapi juga terkait program SKPD lain, saya harapkan juga SKPD untuk bisa berkomitmen bersama-sama kita interpensi di kampung ini,” tegasnya
Dikatanya lagi, selain program SKPD, di Kampung tersebut juga akan dilaksanakan program dari kementrian Perkim terkait program 100-0-100.









3 Komentar

  1. Selamat untuk banjarmasih, mudah-mudahan tahun berikutnya dapat mempertahankan prestasinya dan lebih meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Selamat, Semoga menjadi kota yang semakin maju dan bermanfaat untuk masyarakat, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat dan semoga di tahun 2024 ini semakin bersinar , karena dekat dengan IKN ,jangan lupa lihat liputan https://www.undercover.co.id/

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Services